Game  

Stablecoin Dinilai jadi Aset Kripto Minim Resiko

techbiz.id – Ekosistem crypto terus mengalami perkembangan dengan munculnya penemuan terbaru berupa Stablecoin, yang merupakan salah satu aset crypto dan web3 yang diyakini bermanfaat bagi sektor keuangan digital.

Stablecoin ada karena investasi aset kripto memiliki volatilitas yang sangat tinggi dengan nilai spekulatif, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Jadi penemuan ini merupakan angin segar bagi investor yang ingin memegang aset kripto tetapi bergerak mantap.

“Volatilitas Stablecoin cenderung lebih rendah karena nilainya karena nilainya didasarkan pada aset konvensional seperti kombinasi koin, emas, perak, atau aset berkualitas lainnya. Dengan argumen ini, stablecoin seringkali menjadi pilihan terbaik untuk keputusan keuangan oleh pengguna cryptocurrency institusional dan ritel,” kata pakar keuangan Ajaib Kripto, Panji Yudha.

Menurut CoinMarketCap, saat ini terdapat 134 stablecoin dengan tiga stablecoin teratas yaitu USDT, USDC dan BUSD terhitung lebih dari 90% dari total kapitalisasi pasar stablecoin ($127 miliar). Dua stablecoin yang saat ini paling banyak dicari investor adalah USDT dan USDC karena nilainya berdasarkan mata uang dolar AS dengan rasio 1:1.

BACA JUGA:  Mengenal Djed, Stablecoin Algoritmik yang Didukung Cardano

USDT dan USDC adalah stablecoin paling terkenal di pasar crypto. Setiap unit stablecoin Aset Kripto yang luar biasa, didukung oleh dolar AS senilai $1, disimpan sebagai inventaris dalam campuran uang tunai dan Perbendaharaan AS jangka pendek.

“UDST dan USDC adalah pasangan aset kripto yang paling banyak digunakan di berbagai bursa kripto di seluruh dunia, yang memudahkan investor untuk bertransaksi aset di jaringan stablecoin dengan pasangan USDT dan USDC,” ujar Panji.

Panji mencontohkan, investor bisa membeli aset kripto Bitcoin (BTC) menggunakan persediaan USDT untuk dipasangkan ke BTC/USDT.

Penemuan stablecoin juga telah meningkatkan kepercayaan investor terhadap aset kripto. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat ada 5,46 juta pengguna aset kripto baru pada 2022. Sehingga kini ada 16,7 juta investor aset kripto di Tanah Air.

Saat ini, transaksi stablecoin dapat dilakukan melalui platform Magic Crypto yang menyediakan USDT dan USDC. Menariknya, investor juga bisa membeli dan menjual USDT dan USDC di Ajaib Kripto dengan biaya transaksi 0%. Selain itu, aplikasi Ajaib Kripto juga menyediakan fitur untuk mengirim dan menerima aset crypto, termasuk stablecoin USDT dan USDC, dari platform lain seperti dompet digital, juga dikenal sebagai pertukaran cryptocurrency.

BACA JUGA:  Aset Meme Coin Milik Solana Anjlok Hampir 100 Persen, Ini Sebabnya! 

“Stablecoin adalah pertukaran aset yang menjembatani kesenjangan antara fiat dan cryptocurrency, jadi stablecoin seperti USDT dan USDC adalah favorit bagi investor. Pemilik dapat menyimpan aset kripto di dompet digital atau mentransfer aset dengan murah dan cepat dengan nilai yang stabil,” kata Panji.

Ajaib Kripto adalah platform jual beli aset kripto dengan transaksi yang mudah, aman dan dapat diakses, serta telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Di Ajaib Kripto, investor bisa menemukan berbagai jenis aset kripto, termasuk stablecoin, untuk diperdagangkan dengan beragam fitur unggulan.

Baca juga: