Apps  

Roket cetak 3D pertama di dunia, Terran 1, akan diluncurkan bulan depan

Roket sedang dimuat ke truk

Orang-orang akan segera melihat roket cetak 3D pertama di dunia dalam pelayaran perdananya ke luar angkasa, semuanya berkat Relativity Space yang berbasis di California. Perusahaan mengumumkan tanggal peluncuran roket Terran 1 pada hari Rabu.

Misi peluncuran, berjudul GLHF (Semoga Sukses, Selamat Bersenang-senang), dijadwalkan pada 8 Maret dari Cape Canaveral LC-16, Florida, dan jendela peluncuran akan dibuka pada pukul 13:00 ET. Menurut Relativitas, roket 2 tahap yang dapat dibuang adalah objek cetak 3D terbesar yang pernah ada, dengan tinggi 110 kaki dan lebar 7,5 kaki. Roket tersebut memiliki sembilan mesin Aeon pada tahap pertama dan satu Aeon Vac pada tahap kedua.

Kendaraan Terran 1 saat ini adalah 85% cetak 3D massal, namun perusahaan menargetkan untuk mencapai 95% di masa mendatang. GLHF akan menjadi upaya orbit pertama perusahaan dan tidak akan membawa muatan pelanggan. Acara peluncuran juga akan disiarkan langsung di YouTube untuk pemirsa di seluruh dunia.

Sementara SpaceX cukup populer dengan roketnya yang dapat digunakan kembali, Relativitas juga mengerjakan versinya sendiri yang disebut Terran R dengan kapasitas muatan 20.000 kg. Perusahaan mengklaim dapat memproduksi roket Terran 1 dan Terran R, dari bahan mentah hingga produk jadi, dalam 60 hari. Terran R diperkirakan akan diluncurkan sekitar tahun 2024.

BACA JUGA:  Inilah Cara Apple Dapat Untung dari Port USB-C iPhone yang Akan Datang

Sumber: Ruang Relativitas melalui Gizmodo