Mengenal Djed, Stablecoin Algoritmik yang Didukung Cardano

Di Cardano Summit 2021, COTI, bekerja sama dengan pengembang utama Cardano, Input Output Honk Kong (IOHK), mengumumkan akan meluncurkan proyek revolusioner, Djed, stablecoin yang dipatok terhadap dolar AS. Setelah lebih dari satu tahun pengembangan, Djed akhirnya diluncurkan secara resmi di mainnet Cardano pada Senin, 31 Januari. Lantas apa itu Djed, bagaimana cara kerjanya dan apa saja keunikannya? Anda bisa membaca ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Djed adalah stablecoin algoritmik

Sebagai pengembang, IOHK menyatakan bahwa Djed adalah protokol stablecoin algoritmik. Artinya, cryptocurrency ini mengandalkan dua jenis token, yaitu stablecoin dan cryptocurrency lain yang mendukung stablecoin tersebut.

Djed bertindak sebagai bank otonom, membeli dan menjual stablecoin dengan nilai dalam kisaran yang terkait dengan nilai target. Djed adalah stablecoin pertama yang menyertakan pembayaran untuk memastikan stabilitas harga. Dengan ini, Djed diharapkan dapat berguna untuk keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Dalam ekosistem Djed, COTI bekerja untuk mengelola semua aktivitas proyek front-end dan mengumpulkan biaya untuk proses penambangan dan pembakaran Djed, serta koin cadangan Anda. Di sisi lain, kontrak pintar akan memainkan peran integral dalam protokol.

BACA JUGA:  Trader Papan Atas Beri Catatan Jika Terjadi Death Cross Bitcoin¬†

Ketika nilai Djed terlalu tinggi, smart contract secara otomatis mengeluarkan lebih banyak koin. Sementara itu, ketika nilainya turun, smart contract akan membeli lebih banyak Djed untuk membantu meningkatkan nilainya kembali, serta mengelola pasokan mata uang dasar untuk mempertahankan nilai yang stabil.

Bagaimana stablecoin Djed bekerja

Djed menggunakan smart contract yang didukung oleh ADA, token asli Cardano, untuk mempertahankan nilainya dalam Dolar AS.

Pengguna yang mengirimkan ADA ke kontrak pintar akan menerima jumlah Djed yang setara, membuat kumpulan ADA yang pada gilirannya akan mengamankan setiap Djed yang beredar. Di sisi lain, pemegang Djed dapat mengirim 1 Djed ke kontrak pintar dan menerima 1 USD sebagai imbalannya.

Kontrak pintar akan membakar Djed yang diterima untuk mempertahankan nilainya dalam Dolar AS.

Selanjutnya, untuk memastikan stabilitas harga, Djed menggunakan SHEN sebagai mata uang cadangan. SHEN dijamin ADA dengan rasio tinggi yaitu 400 hingga 800%. Ini berarti bahwa Djed memiliki 4 hingga 8 kali lebih banyak nilai dasar yang mendukungnya dibandingkan dengan nilai total yang dicetak pada aset kripto ini.

BACA JUGA:  10 Game PPSSPP Ukuran Kecil dengan Gameplay Menarik

Secara umum, jika ADA crash, pemegang Djed didukung penuh oleh SHEN. SHEN tidak dapat dibakar ke ADA jika rasio cadangan Anda di bawah 400%. Di sisi lain, SHEN juga tidak bisa dicetak jika tingkat reservasi melebihi 800%.

Mekanisme ini menjadi bukti bahwa Djed menyediakan sistem yang transparan dan andal di tengah pasar kripto yang fluktuatif. Biaya agunan yang besar ini juga membuat Djed mirip dengan DAI di jaringan Ethereum, tetapi dengan sistem pencetakan dan pembakaran seperti stablecoin algoritmik lainnya.

Jika nilai Djed dipatok ke dolar AS, SHEN tidak demikian. Pemegang SHEN akan diberi insentif untuk setiap pertukaran ADA dan Djed, juga dikenal sebagai SHEN, dan sebaliknya.

Djed terhubung dengan 40 Aplikasi di Ekosistem Cardano

Coti selaku pengembang mengungkapkan bahwa Djed rencananya akan digunakan di lebih dari 40 aplikasi di ekosistem Cardano. Sejauh ini Djed sudah terdaftar di beberapa platform exchange seperti MinSwap, Wingriders dan DEX MuesliSwap.

Tim pengembang juga mengumumkan rencananya untuk merilis DjedPay pada November tahun ini. DjedPay sendiri adalah platform pembayaran yang memungkinkan pedagang dan pengguna cryptocurrency menerima pembayaran ala stablecoin. Tertarik untuk berinvestasi atau membeli Djed stablecoin?

BACA JUGA:  Mengunduh aplikasi autentikasi? Jangan jatuh cinta pada orang yang tidak jujur

Bagi yang ingin mengetahui informasi terbaru seputar dunia cryptocurrency, bisa mengunjungi website Zipmex.

Pilih saluran Berita Kripto jika Anda ingin mengetahui buletin terbaru tentang pergerakan kripto dan kondisi pasar kripto. Sedangkan jika Anda seorang pemula yang ingin belajar atau menambah informasi tentang strategi trading dan tips investasi, Anda bisa mengunjungi channel Zipmex Learn.

Zipmex selalu menampilkan tulisan berkualitas untuk membantu Anda belajar tentang cryptocurrency, serta membantu pengambilan keputusan Anda dalam menentukan langkah investasi yang tepat!