Apps  

6 Cara Menggunakan Aplikasi Digital Wellbeing di HP Samsung

Seringkali kita tidak lepas dari yang namanya alat elektronik. Baik itu laptop, televisi maupun handphone. Selain itu, di era digital ini semua bisa dilakukan dengan perangkat tersebut, terutama ponsel.

Ya, kini ponsel bisa melakukan banyak tugas bagi pemiliknya, di luar fungsi utamanya sebagai alat komunikasi. Selain bisa digunakan untuk menelepon dan mengirim pesan singkat, HP saat ini digunakan untuk menonton film dan bermain game. permainan, Menggulir di media sosial, bahkan penyuntingan video.

Tapi, tahukah Anda jika durasinya waktu layar atau bila menggunakan perangkat seperti HP ini dapat mempengaruhi kesehatan? Jelas, itu mata Anda yang terpengaruh. Meski HP kini dilengkapi dengan sejumlah teknologi untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan mata, tetap yang terbaik adalah aman sejak awal.

Jadi bagaimana kita bisa mengatur waktu layar TELEPON SELULAR? Jadi khusus untuk pengguna HP Samsung ada aplikasi Digital Wellbeing atau Digital Wellbeing. Tim Caris Signal akan membahas aplikasi ini serta cara menggunakannya. Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu Kesehatan Digital?

samsung_ kesehatan digital

Kesehatan Digital diperkenalkan kepada pengguna Samsung agar mereka dapat mencapai kesehatan dan kebugaran digital. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melihat pola penggunaan aplikasi di ponsel Samsung.

Aplikasi Digital Wellbeing akan memberi Anda laporan mingguan terkait waktu layar Anda. Sehingga Anda dapat mengontrol penggunaan HP dengan lebih bijak.

Digital Wellbeing dilengkapi dengan beberapa fitur lain selain fungsi utamanya. Penjelasan tim Caris Signal tentang fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:  Ini Cara Pakai Akun WhatsApp yang Sama di Dua HP Berbeda

Mode fokus adalah salah satu fitur yang dibawa oleh aplikasi Digital Wellbeing. Mode fokus akan membantu Anda tetap fokus saat melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, bekerja.

Nah, mode ini akan menjeda notifikasi dari aplikasi tertentu agar fokus Anda tetap terjaga. Mode digital wellness focus juga bisa digunakan saat Anda ingin melakukan detoksifikasi digital dan rehat dari media sosial.

Stopwatch aplikasi atau stopwatch aplikasi berfungsi sebagai penghitung waktu untuk menggunakan aplikasi di ponsel Samsung. Fitur ini membantu Anda menggunakan aplikasi dengan bijak tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu di aplikasi.

Uniknya, aplikasi ini akan memberi tahu Anda jika Anda berhasil menggunakan aplikasi tertentu sebelum waktu habis stopwatch selesai. Singkatnya, aplikasi ini akan membantu Anda mengontrol waktu layar meningkatkan.

Di dalam aplikasi Kesehatan Digital, Anda juga dapat mengakses dan menggunakan berbagai fitur lainnya. Salah satunya adalah Parental Control.

Fitur ini dapat digunakan saat putra atau keponakan Anda menggunakan ponsel Anda untuk aktivitas tertentu.

Fitur-fiturnya akan membantu menampilkan konten ramah anak, menetapkan batas waktu/waktu layar, dan mencegah anak-anak mengakses konten, aplikasi, atau kontak tertentu. Singkatnya, fitur ini hadir agar anak-anak dapat melakukan aktivitas mobile dengan nyaman dan aman.

Selain parental control, ada juga fitur sleep mode. Sumber daya ini ada agar Anda dapat menjaga kesehatan dan kualitas tidur Anda. Fitur tersebut akan membantu menyesuaikan tampilan layar Anda saat waktunya tidur.

BACA JUGA:  SSD Samsung 980 Pro 1TB dan 2TB PCIe NVMe Gen4 tersedia dengan diskon hingga 58%

Fitur lainnya adalah Driving Monitor. Fitur ini dapat digunakan untuk menemukan dan mengontrol waktu layar Anda saat mengemudi.

Cara menggunakan aplikasi Kesehatan Digital

Setelah meninjau fitur-fiturnya, tim Caris Signal akan mengajak Anda melihat bagaimana cara menggunakan aplikasi Digital Wellbeing. Pembahasan selengkapnya dapat Anda lihat pada poin-poin di bawah ini.

1. Periksa laporan waktu layar

cara menggunakan aplikasi kesehatan digital 1-11_

Nah bagi anda yang ingin mengetahui totalnya waktu layar harian atau mingguan, lihat laporan di aplikasi Digital Wellbeing dengan mengikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Kesehatan Digital. Kemudian, klik pada aplikasi yang muncul di bagian menu tepat di atas yaitu bagian yang kita beri kotak merah seperti di gambar. Misalnya, kami memilih aplikasi TikTok.
  • Pilih periode pelaporan. Untuk melihat laporan harian tentang penggunaan aplikasi, pilih salah satu opsi “Sehari-hari”. Sedangkan untuk melihat laporan mingguan, pilih “Mingguan”.

Dalam laporan ini Anda dapat menemukan informasi waktu layar dihabiskan selama menggunakan aplikasi. Ada juga informasi tentang berapa banyak notifikasi yang muncul di aplikasi, serta berapa kali aplikasi dibuka.

2. Tetapkan target waktu layar

cara menggunakan aplikasi kesehatan digital 4-1 side_

Di aplikasi Kesehatan Digital, Anda juga dapat mengelola sasaran untuk Waktu Layar. Caranya tidak sulit. Perhatikan saja poin-poin berikut ini:

  • Buka aplikasi Kesehatan Digital. lalu klik “Menentukan tujuan” di menu “Target waktu layar”.
  • mengatur waktu waktu layar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kami mendefinisikan waktu layar selama 23 jam. Nah, setelah menyelesaikan penyiapan, aplikasi akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak waktu yang tersisa waktu layar yang dimiliki tim Caris Signal. Di sini, tim pensinyalan Caris telah menggunakan ponsel selama lebih dari 13 jam, dengan sisa waktu sekitar 9 jam.
BACA JUGA:  5 Cara Screenshot di Apple iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max

waktu layar sasaran Anda dapat mengubah waktu putaran setelah Anda menyetelnya untuk pertama kali. Pastikan Anda mengonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda, oke?

3. Monitor mengemudi

cara menggunakan aplikasi kesehatan digital 7-1side_

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Driving Monitor adalah salah satu fitur dari aplikasi Digital Wellbeing. Fitur ini berguna untuk mengontrol waktu layar Anda saat mengemudi. Cara menggunakan fitur ini cukup mudah.

Di menu utama aplikasi Digital Wellbeing, buka opsi Mengemudi Monitor > Mulai. Aplikasi ini akan mendeteksi berapa lama Anda menggunakan ponsel saat mengemudi. Laporannya bisa langsung kamu cek juga lho. Ada laporan mingguan dan juga laporan harian.

Oh iya, kamu bisa menentukan aplikasi mana yang ingin kamu pantau waktu layardia saat mengemudi. Anda dapat membuat pengecualian untuk aplikasi navigasi seperti Google Maps. Cara memasukkan aplikasi ke dalam daftar pengecualian adalah dengan membuka menu tiga titik di sudut kanan atas layarlalu pilih Pilih Aplikasi yang Dikecualikan > Pilih Aplikasi > Tekan Selesai.